LAPORAN PROJEK P5

 Laporan kegiatan projek

Kelompok 3

XII MIPA 1



Kelompok :

Muhamad Navi Ramadhan

Susilawati

Muhamad Jidan

Intan Aliya

Luthfi Shofa

Eneng Nisrina

Rovi Dayanti




Latar Belakang


Pada kegiatan P5 tahun ini, SMA Negeri 1 Saguling mengambil tema Kegiatan Pendidikan Sains dan Kewirausahan (PeSaK). Yaitu kewirausahaan yang memanfaatkan kemajuan teknologi modern sebagai media promosi yaitu dengan menggunakan media promosi berbasis digital marketing. Digital marketing sendiri merupakan proses pemasaran maupun promosi suatu brand, produk, maupun jasa yang dilakukan melalui media digital dan membutuhkan jaringan internet dalam kegiatannya.




Tujuan Kegiatan


Adapun tujuan dari kegiatan projek ini antara lain adalah :


• Mengoptimalkan keterampilan siswa


• Memahami digital marketing sebagai salah satu strategi pemasaran


Manfaat Kegiatan


• Menambah keterampilan kewirausahaan


• Menambah wawasan dan pengalaman kewirausahaan


• Meningkatkan peluang usaha




Pendahuluan


Digital marketing merupakan konsep yang menggabungkan berbagai strategi pemasaran menggunakan media digital untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek kepada target audiens.


Keunggulan Digital Marketing


Ada beberapa keuntungan digital marketing diantaranya:


1. Menjangkau target pasar yang lebih luas


2. Mendongkrak angka penjualan


3. Lebih hemat


Di dalam dunia digital marketing, keberadaan landing page sudah dikenal luas seiring dengan berkembangnya dunia digital dan juga pemasaran yang berbasis web.


Landing page adalah halaman dalam website yang didesain khusus dengan pola pikir pemasaran . Halaman inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar ( paid search ).


Membuat landing page adalah upaya meningkatkan pengalaman pengunjung di website. Sebab, ketika pengunjung sudah nyaman, mereka akan mau membeli produk, atau melakukan aktivitas online lainnya sesuai yang Anda inginkan. Itulah mengapa landing page juga menjadi salah satu strategi optimasi tingkat konversi.


Berikut dilampirkan link landing page kami :


https://sites.google.com/sma.belajar.id/kios-kelompok-3/home?authuser=0




Laporan Kegiatan


Kami menggunakan landing page sebagai sarana pemasaran produk makanan dan minuman yang telah kami buat. Kebab dan puding sedot adalah pilihan dari penjualan kami untuk kegiatan bazar makanan di sekolah pada 8 Maret 2024.


Kebab sendiri seharusnya berisikan daging, tetapi karena kami memikirkan target pasar yang mana bila harga jualnya mahal akan sedikit beresiko, kami mengganti isi kebab menjadi sosis agar harga jualnya menjadi standar.


Pudingnya kenapa dinamakan puding sedot? Karena uniknya puding ini dikemas dengan standing pouch kemudian diberi sedotan, tekstur puding yang dibuat tidak terlalu kental dan sedikit cair membuat puding ini dapat disedot langsung dari kemasan.


Selama proses membuat kebab dan puding sedot tersebut, tentu ada banyak kendala karena belum adanya pengalaman kami dalam mengolah kedua produk tersebut. Mencari kulit kebab adalah kesulitan pertama yang kami alami, dilanjut dengan salah perkiraan bahan yang dibutuhkan membuat kami harus mengatur ulang pembelian bahan yang kurang secara mendadak.


Bazar kami lalui dengan penuh kesibukan, kami hanya fokus mengatur dan memasak pesanan. Tetapi jerih payah itu akhirnya terbayarkan. Pesanan yang membludak itu menghasilkan penghasilan yang menguntungkan.


Kami telah menyusun laporan keuangan secara terperinci dari modal awal sampai laba rugi yang didapatkan setelah bazar.


Berikut laporan keuangan :









Kesimpulan


Tidak ada usaha yang menghianati hasil. Segala kendala yang kami lalui sejak awal memulai projek ini tidaklah sia-sia. Pengalaman yang begitu berharga telah kami dapatkan bersamaan dengan meningkatnya keterampilan kami dalam mengolah makanan dan minuman, serta mempelajari digital marketing yang akan bermanfaat untuk kami kedepannya.




Dokumentasi






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digital Marketing