Digital Marketing
Nama: Muhamad Navi Ramadhan
Kelas: XII MIPA 1
Kelompok: 3
Artikel tentang digital marketing
Pengertian digital marketing
Digital marketing merupakan konsep yang menggabungkan berbagai strategi pemasaran menggunakan media digital untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek kepada target audiens. Bentuk pemasaran dengan digital marketing tidak sekadar mengampanyekan iklan secara online atau penyebaran pesan kepada pelanggan potensial. digital marketing adalah bentuk pemasaran yang mendalam dengan memanfaatkan kekuatan dunia digital untuk mencapai tujuan bisnis.
Dalam digital marketing, pemasar menggunakan berbagai strategi dan alat untuk memahami perilaku online konsumen, berinteraksi dengan mereka, dan membangun kehadiran merek yang kuat di dunia maya. Salah satu aspek utama digital marketing adalah penggunaan internet sebagai alat utama. Hal ini melibatkan penggunaan website, media sosial, e-commerce, email, dan berbagai platform online lainnya.
Keunggulan Digital Marketing
Ada beberapa keuntungan digital marketing diantaranya:
1. Menjangkau target pasar yang lebih luas
2. Mendongkrak angka penjualan
3. Lebih hemat
Manfaat Digital Marketing
Berikut beberapa manfaat dari digital marketing:
1.Mengakses Audiens yang Lebih Luas
2.Pengukuran dan Analisis yang Akurat
3.Efisiensi Biaya
4.Personalisasi Konten
5.Interaksi Langsung dengan Pelanggan
6.Kemampuan Targeting yang Lebih Tepat
7.Skalabilitas
Jenis Jenis Digital Marketing
Berdasarkan strategi pemasaran digital dibagi menjadi dua, yaitu:
1. Push Digital Marketing
adalah salah satu jenis yang metodenya menawarkan langsung produk ke pelanggan untuk mendapat hasil penjualan secara cepat. Biasanya strategi ini dilakukan pada produk baru yang belum terlalu dikenal, dan tujuan utamanya adalah untuk exposure.
contoh push digital marketing adalah endorsement produk dari pemilik usaha ke para influencer atau selebriti, email promosi dari sebuah produk kepada para pelanggan yang telah berlangganan newsletter di sebuah situs, atau broadcast WA untuk semua kontak yang pernah membeli suatu produk.
2.Pull Digital Marketing
Tujuan utama pull digital marketing adalah meningkatkan awareness serta loyalitas pelanggan. Contoh jenis pemasaran digital ini adalah konten SEO di sebuah situs, iklan pay per click, pemasaran di media sosial, liputan media, giveaway, atau promosi potongan harga di marketplace.
Berdasarkan Media Pemasaran media yang digunakan, digital marketing dibagi menjadi 5, yaitu
1. Website
website juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting yaitu sebagai media promosi. Tidak hanya lebih murah, promosi melalui website juga akan membuat pelanggan bisa lebih mengenal produk yang dijual.
2.Pay Per Click
promosi jenis ini biasanya berupa banner yang ketika diklik, pengunjung akan diarahkan pada website resmi atau marketplace tempat produk dijual.
3.Search Engine Marketing (SEM)
Hampir mirip dengan strategi search engine optimization (SEO), search engine marketing atau SEM memanfaatkan mesin pencari untuk fokus pada iklan langsung di mesin pencarian.
4.Social Media Marketing (SMM)
Untuk iklan semacam ini, kamu membutuhkan alat seperti Facebook atau Instagram Ads. Dibanding SEM, peluang produk untuk dikenal lebih besar sebab saat ini hampir semua orang memiliki media sosial.
5.Email Marketing
Promosi ini berupa pesan dalam bentuk gambar atau tulisan dan dikirimkan kepada semua pelanggan yang telah men-subscribe newsletter di website atau platform milik pemilik usaha lainnya. Strategi ini biasanya dilakukan untuk memicu pembelian kembali dan meningkatkan loyalitas konsumen.
Tujuan Digital Marketing
dapat disimpulkan bahwa selain meningkatkan angka penjualan, awareness produk, dan memperluas pasar, digital marketing juga memiliki beberapa tujuan lain termasuk diantaranya, meningkatkan kualitas relasi serta komunikasi pemilik usaha dengan konsumen atau calon konsumen. Digital marketing adalah landasan strategis yang penting dalam dunia bisnis saat ini.
Komentar
Posting Komentar